Toyota Calya, Daihatsu Sigra Vs Datsun Go Plus Panca

FajarSodik.My.ID- Toyota Calya, Daihatsu Sigra Vs Datsun Go Plus Panca, kita tau bahwa Datsun Go Plus Panca sangat kewalahan mengadapi duo Calya Sigra sepeti apakah jalan nya pertarungan di segmen LCGC seven seater?

Di tahun 2013 toyota dan daihatsu membuat LCGC pertama Mereka yaitu Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, kemudian bermunculan lah LCGC lain seperti Suzuki Karimun wagon R, brio satya, dan kemudian di tahun 2014 Datsun mengeluarkan LCGC Datsun Go dan Datsun Go Plus Panca dengan bentuk lebih panjang 5+2 penumpang, ini sebetulnya ide yang bagus sayang nya Datsun kurang serius dalam mengembangkan LCGC tujuh penumpang, yang sebenarnya pasar di indonesia sangat gemuk, dikarenakan orang Indonesia sangat suka mobil mobil tujuh penumpang, dikarenakan karakter orang indonesia yang suka besosialisasi membuat kebutuhan mobil tujuh penumpang sangat lah penting.

Dengan semakin mahal nya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia membuat calon pembeli mobil pertama dengan bajet yang pas pasan yang menginginkan mobil tujuh penumpang jadi memilih Datsun Go Plus Panca. Akhirnya Toyota dan Daihatsu membaca adanya peluang di segmen baru ini dan menggarapnya dengan serius, Toyota dan Daihatsu di tahun 2016 akhir nya mengeluarkan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang sebenarnya mobil konsep nya sudah pernah perkenalkan di IIMS 2014. Yang kala itu segmen ini hanya ada satu pemain Datsun Go Plus Panca.
Dengan brand image yang baik dan tawaran fitur yang di berikan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sangat megiurkan. Calya memiliki mesin 1200cc  4 silinder  Dual VVTI sedangkan daihatsu sigra terdapat duapilihan mesin 1.200 yang sama dengan Calya dan tersedia pilihan mesin 1.000 cc yang menargetkan pasar di bawahnya.

Saat itu Calya dan Sigra memiliki inovasi yang baik yaitu air cirkulator dengan segudang kontrofersinya ada yang suka maupun tidak. Walaupun sangat sederhana ini sangat evektif untuk membantu Ac depan dapat disalurkan ke kabin belakang dengan cepat. Aircirkulator ini pada awlanya sangat berisik dan menggangu penumpang belakang tidak butuh waktu lama toyota dan daihatsu segera memperbaiki kekurangan nya, oh iya saat itu perbaikan bukan hanya di aircitkulator shock breaker bagian belakang yang terkenal ambles pun di kondosikan dengan sanagat baik. Kelebihan lain bagian power window, Mesin dan safety (SRS Airbag) Calya dan Sigra sangat unggul di banding kan Datsun Go plus panca.

Tidak butuh waktu lama dari launcing nya dou Calya Sigra menarik pasar Datsun Go Plus Panca dengan segudang kelebihan nya, sayang nya Datsun tidak tidak memberikan perlawanan yang berarti dan tidak segera melakukan improvisasi.

Di tahun 2018 dengan Datsun mengenalkan line up product baru nya yaitu Datsun Cross dengan mengambil basic Datsun Go Plus Panca walaupun menarik sayang nya mobil ini terlampau mahal, yang membuatnya tanggung dan market jadi memiliki banyak pilihan.
Dan di awal tahun 2019 juga Toyota dan Daihatsu melakukan facelift Calya dan Sigra. Membuat Datsun Go Plus Panca jauh tertinggal dari duo Calya dan Sigra.

Akhirnya Datsun pun menyerah di awal tahun 2020 ini bukan kabar yang baik buat semua pecinta otomotif di indonesia, selain Calya dan Sigra tidak ada lawan nya, membuat di segmen LCGC seven seater tidak kompetitif lagi. Terimakasih Datsun telah mengispirasi dan selamat jalan.

Sekian cerita singkat persaingan antara calya sigra dan datsun go plus panca, saya berharap Calya dan Sigra ada lawan nya lagi di segmen lcgc seven seater agar terjadi persaingan yang sehat membuat market banyak pilihan. Ok semoga bermanfaat saya fajar dan terimakasih

__Terbit pada
April 15, 2020
__Kategori
Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *