avaza xenia

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

FajarSodik.My.ID- Kenapa xenia avanza begitu laku

Seperti kita tau bahwa Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merupakan mobil yang sama yang di produksi di astral Daihatsu motor, Xenia dan Avanza pertamakali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2004, sebagai pilihan untuk cust pertama yang ingin membeli kijang LGX yang saat itu harganya sudah terlalu mahal.

Dan boom . . ,dua mobil ini jadi primadona baru yang notabene merek sebelah Suzuki dan mitsubisi masih mengandalkan cary dan cold tss yang tidak memiliki hidung. Selain body yang revolusioner pada jaman nya, mobil ini juga terkenal kebadakan dan kemurahan nya. Avanza menggunakan mesin K3 VE DOHC 1.300cc 4 silinder segaris VVTI, sedangkan Xenia mengguankan dua pilihan mesin 1300 sama dengan avanza dan EJ VE VVTI 1.000 cc 3 silinder segaris.

Di tahun 2008 Avanza memperkenalkan mesin baru  1500cc VVTI  untuk tipe S dilengkapi dengan velg alloy weel dengan diameter 15 inci dengan sistim pengereman ABS fitur yang mewah pada masa itu.

Hampir 8 tahun Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tidak ada lawan yang sepadan, dan sudah terlanjur  menguasai pasar. Akhirnya Suzuki pun mengeluarkan line up produk terbaru nya LMPV yang digadang gadang sebagai Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia killer Yang disebut Ertiga pada tahun 2012. Mengusung mesing 1500cc dengan kekedapan dan kenyamanan unggul berkat suspesi independen penggetrak roda depan Suzuki moncoba merebut dominasi dou Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Tapi ini tidak mudah dikarenkan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sudah terlanjur melekat dimasyakat Indonesia, berkat durability dan ketangguhan nya memang ertiga lebih unggul dari segi kenyamanan tapi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia lebih bisa diandalakan di kondisi apapun. Bekat penggerak roda belakang dan jaringan after sales yang luas hampir seluruh Indonesia.

Akhir nya setelah ertiga dirilis Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pun melakuan perubahan, mengeluarkan generasi ke 2 di tahun 2012 dengan model baru yang lebih lancip, membuat tampilanya semakin fesh, dan menetapkan diri jadi market leader dikelas LMPV low.

Tapi gempurana Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tidak sampai situ aja, honda pun juga melirik pasar LMPV low yang sebelumnya sudah merilis Brio satya mengisi segmen pasar LCGC bersaing dengan Agya Ayla. di september 2013 Honda pun memperkenalkan line up produc barunya di IIMS yaitu Honda mobilio. mobil ini memngambil basis dari Brio dengan mesin 1500 cc Sohc andalan honda.

Tapi toyota dan daihatsu tidak tinggal diam selang 2 tahun mereka memperkenalkan  Toyota Grand new Avanza dan Daihatsu Great New xenia agar tahtanya tetap terjaga sebagai market leader di segmen LMPV low. kini Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia menggunakan teknologi baru pada mesin nya yaitu Dual VVTi drive by wire agar meningkatkan efisiensi bahan bakar yang dikenal lebih boros dibanding mesin besutan honda kala itu.

Sebagai market leader Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tidak mudah mempertahankan tahtanya, serangan dari kopetitor tidak akan berhenti, di tahun 2016 Mitsubishi pun juga tertarik bertarung di segmen LMPV low dan di paerhelatan GIIAS 2016 Mitsubishi memperkenalkan  Mitsubishi X concept yang menawarkan tampilan yang futuristic yang isu nya harga akan sama dengan avanza dan kala itu di gadang gadang sebagai Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia killer. saya akui Mitsubishi memiliki stategi yang sangat bagus, memperkenalkan X Concept dengan ke fituristic kan dan berbagai isu isu nya yang membuat pasar menanti nanti kapan rilis nya. media dan pecinta otomotif indonesia pun menanti launcing nya di IIMS 2017 dan ternyata saat itu masih ditahan Mitsubishi dan membuat pasar dan media begitu penasaran dan banyak menunda keputusan untuk membeli Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Akhir nya di GIIAS 2017 pun lauching dan benar saja boom… Mitsubishi memperkenalkan Xpander dan menjadi bintang pada perhelatan GIIAS 2017. mobil ini tidak berbeda jauh dibandingkan mobil conceptnya dan pertama kalinya, Toyota Avanza sementara tergeser dari tahtanya.

Gelombang serangan pun tidak sampai situ saja Suzuki pun juga ikut meramaikan dengan mengeluarkan Ertiga generasi ke 2 nya pada IIMS 2018, walaupun tidak seBooming Xpander tapi tetap saja menbah persaingan semakin sengit di segmen LMPV low.

Toyota dan Daihatsu pun tidak tinggal diam melihat Mitsubishi Xpander merebut pasar nya, dan kemudian Toyota dan Daihatsu memperkenalkan Avanza Xenia facelift pada awal tahun 2019. dengan menambahkan beberapa fitur baru seperti Head lamp Led multi reflector, griil baru, audio touch shreen, dll. dan akhirnya Toyota Avanza kembali merebut tahtanya walaupun harus bersaing ketang dengan rival Xpander di papan atas.

Sepertinya kedepan nya di segmen LMPV low persaingan bakal semakin menarik dan ketat, sekian cerita singkan perjalanan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sampai di tahun 2020 ini, semoga bermanfaat jika ada salah kata dalam penulisanya mohon maaf, Saya Fajar dan terimakasih.

Boleh loh kumjungi Yuotube Chanel fajar sodik

__Terbit pada
April 13, 2020
__Kategori
Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *