Tips Merawat Mobil Agar Mobil kamu Awet

FajarSodik.My.ID- Merawat mobil bagi orang awam akan sangat membingungkan, sebelum merawat mobil harusnya kamu tau beberapa part fungsi dan mekanisme kerja, agar kita faham hal hal fital apa saja yang membuat cepat rusak. Jika kamu sering ke bengkel langganan baik nya banyak bertanya dan bisa juga banyak membaca artikel artikel otomotif di internet, agar wawasan kamu di dunia otomotif semakin luas.

Mobil yang terawat dan sehat merupakan dambaan semua orang. Saya akan sharing mengenai bagaimana merawat mobil agar mobil kamu awet, aktifitas ini dapat dilakukan di rumah secara mandiri.

Berikut tips merawat mobil agar mobil kamu awet:

  1. Memanaskan mesin sebelum digunakan.

Memanaskan mobil sebelum digunakan merupakan hal yang penting, untuk mobil bermesin Efi  (injeksi) tidak butuh waktu lama untuk memanaskan nya cukup kiasarn 5 sampai 10 menit saja. Hal ini bertujuan  untuk mengalirkan oli ke seluruh komponen mesin agar terlumasi secara merata. Untuk mesin karbulator selain untuk melumasi memanaskan mesin mobil juga bertujuan agar  karbulator bekerja secara optimal dan mesin mencapai putaran yang ideal.

  1. Rutin mengganti Oli Mesin

Pergantian oli mesin merupaka hal yang sangat fital bagi sebuah mesin, oli mesin sendiri berfungsi untuk melumasi agar part part yang berjalan di dalam sebuah mesin tidak mudah aus. Baik nya pergntian oli di lakukan 6 bulan atau 10.000km lebih cepatb lebih baik, ini untuk mobil standart. Jika mobil dengan penggunaan untuk motor sport bisa lebih cepat lagi mungkin satu race sekali dikarenakan oli mesin bekerja ekstra keras dan demi mendapatkan performent yang optimal. Untuk pergantian oli transmisi dan garden baiknya dilakukan di bengkel  langganan.

  1. Membersihkan Filter Udara

Filter udara sendiri berfungsi untuk menyaring udara yang masuk keruang bakar agar tetap bersih. Membersihkan filter udara dapat dilakuan sebulan sekali agar kotoran yang mengedap tidak terlalu banyak. Dan lakukan pergantian setiap 1 tahun sekali atau 20.000km. filter udara sendiri sangatlah mudah untuk membersihkanya biasanya diletakan di atas mesin dan membukanya cukup mudah. Untuk membersihkan nya cukup di ketuk ketukan, jangan menggunakan air yaa, karena bahan filter ini terbuat dari semacam kertas jika terkena air akan rusak atau mampet.

  1. Mengganti Air cooland (Air Radiator)

Air radiator sendiri berfungsi untuk mendinginkan mesin. Jangan mengganti dengan air biasa yaa, karena bisa menimbulkan kerak yang bisa mengakitakan tersumbat nya kisi kisi radiator maupun water jacket di dalam mesin. Gunakan water colland yang banyak tersedia di pasaran, ganti lah secara rutin per  1th sekali atau 20.000 km.

  1. Bersihkan Filter AC

Filter AC berfungsi untuk menyaring udara Ac yang masuk ke dalam kabin, biasanya terletak di balik dasbord. Jika kondisinya tidak memungkin kan untuk dibersihkan baiknya segera ganti saja, agar sirkuasi Ac mobil kamu lancar, kabin sejuk dan nyaman.

  1. Cuci Mobil secara berkala

Menyuci mobil biasanya suka disepelekan hal ini sebenarnya sangat penting, selain untuk menjaga penampilan mobil kamu ini juga bisa menjaga body mobil dari korosi. Baik nya mobil di cuci seminggu sekali dan sehabis  terkena hujan. Mobil dengan kondisi yang bersih biasanya kita akan semakin sayang dan tidak mudah untuk mencapakan nya hehehe.

Sebenarnya masih banyak hal yang dapat dilakukan, tips merawat mobil agar awet diatas hal hal yang dapat dilakukan dirumah. Semoga tips merawat mobil agar awet di atas dapat bermanfaat, Saya fajar dan terimakasih.

__Terbit pada
Mei 20, 2020
__Kategori
Artikel, Blog, tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *