tips merawat cat mobil

Tips merawat cat mobil kesayangan kamu

FajarSodik.My.ID- Memiliki mobil dengan tampilan yang bersih besinar tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi kamu. Apalagi jika mobil yang kamu punya adalah mobil baru, atau mobil yang baru saja di lakukan peremajaan dengan cara mengecat ulang. Tentu kamu ingin supaya cat mobil tetap baru, bersih, awet dan berkilau.

Sayangnya kamu sering kali kurang memperhatikan perawatan dan pemeliharaan atas cat mobil kamu sendiri. Penggunaan yang kamu kira sudah aman dan baik, ternyata masih berpotensi untuk membuat cat mobil menjadi cepat pudar dan kusam. Atau bahkan bisa menyebabkan munculnya gores rambut pada cat mobil. Untuk itu, berikut beberapa tips untuk menjaga agar cat mobil kamu tetap terawat, menjadi lebih awet serta selalu terlihat mengkilapatau berkilau.

Hindari sinar matahari secara langsung

Imemang hal yang mustahil untuk menghindari pancaran sinar matahari dan sinar UV, mengingat mobil digunakan untuk sarana transportasi. Namun yang dimaksud disini adalah pancaran matahari yang terlalu berlebihan. Misalknya saat kamu parkir, pilih tempat parkir yang teduh dan terlindung dari sinar matahari secara langsung. Kalau memang kamu parkir cukup lama dan tidak ada pilihan tempat yang teduh, jangan ragu untuk menggunakan sarung penutup mobil, usahakan sarung mobil yang berbahan kain jangan gunakan yang berbahan parasut dikarenakan bahan ini bersifat menempel pada body mobil

 

Cuci mobil secara berkala

Dengan menyuci secara berkala dapat menjaga mobil dari kotoran yang mengendap yang mengakibatkan berjamur. Jangan biarkan mobil terlalu lama berdebu mengakibatkan goresan goresan kecil pada mobil, jika tidak usahakan mengelap mobil mu sebelum terlalu banyak berdebu, dengan catatan mengelap nya dengan benar dan lap khusus. Jika mobil habis terkena hujan baik nya langsung siram dengan air bersih dan langsung mengelapnya, karena air hujan mengandung zat yang bersifat korosi yang membuat cat bahkan body mobil nya berkarat.

 

Gunakan shampoo khusus mobil

Untuk menyuci mobil banyak di antara kita bahkan kamu sering menggunakan shampoo atau sabun yang tidak digunakakn bengan semestinya.hindari penggunaan sabun mandi, shampoo mandi ataupun sabun pencuci piring dikarenakan sabun ini berbeda sifat dan pastinya tidak sesuai dengan body atau cat mobil. biasakan memakai shampoo yang memang khusus untuk mobil ataupun motor. Biasanya shampoo mobil mengan dung zat khusus yang dapat melindungi cat mobil bertahan lebih lama dan menjaga nya tetap berkilau.

 

 

Lap mobil dengan lap khusus

Menggunakan lap khusus disini maksudnya menggguanaka lap khusus yang di ciptakan untuk membersikan mobil. Di pasaran lap ini sangat mudah ditemukan contohnya seperti lap chamois. Jika perlu gunakan beberapa macam lap, untuk bagian bagian lain di luar body, lap untuk ban dan kaki kaki, lap untuk dasbord dan jok, lap untuk body dan kaca. Jangan menggunakan kain  bekas kaos atau lain nya kaena mempunyai sifat yang kasar, tapi lap ini tidak apa jikalau untuk bagian bagian non body mobil yang sensitive, seperti ban mesin dll.

 

Lakukan Coating

Coating merupakan proses melapisi bodi mobil agar body mobil memiliki sifat seperti daunt alas dan melindungi cat terhadap baret baret halus. Coating juga bersifat menutup pori pori cat yang sensitive terhadap jamur dan meresap nya noda. Sebenarnya sebrapa bagusnya cat mobil masih memiliki pori pori yang tidak kasatmata jika memiliki dana lebih baiknya melakukan coating agar cat ddpat terlindungi dengan maximal.

Jangan parkir sembarangan

Usahakan jika parkir jauhkan dari hal hal yang merusak cat sepert di bawah pohon, biasanya di bawah pohon sering kali terjatuhan noda  yang susah di bersihkan seperti getah pohan dan kotoran burung, getah dan kotoran burung bersifat menempel dan sangat merepotkan jika kita harus membersikan nya. Jangan parkir di area proyek di dekat proyek biasanya terdapat zat zat yang bersifat merusak cat seperti semen dan cat bangunan,. Jauhkan dari hewan peliharaan hen peliharaan biasanya memiliki kuku kuku tajam jika ayam, kucing dan hewan peliharaan mu lain nya naik kea tap atau ke atas kap mesin 90% cat mobil kamu akan baret jadi simpan baik baik hewan peliharaan mu atau kandangkan saja hehee.

Ok sekian dulu semoga mobil kamu aman dan dapat terjaga tampilan nya, semoga tips sederhana ini dapat bermanfaan, saya fajar dan terimakasih

__Terbit pada
Mei 12, 2020
__Kategori
Artikel, Blog, tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *