Tips Membeli Mobil Pertama

FajarSodik.My.ID- Semua orang pasti menginginkan membeli mobil baru,apalagi kamu yang memiliki penghasilan yang cukup. Terkadang kita masih bingung untuk memilih mobi pertama kita, kita biasaya hanya sekedar melihat dari modelnya saja, yang menarik, modern dan sesuai dengan jumlah dana yang kita dimiliki. Sedangkan untuk membeli mobil baru pertama, kita harus benar benar teliti dan berhati hati. bagi kita yang ingin memiliki untuk pertama kalinya, ada hal-hal yang patut kita diperhatikan agar tak kecewa nanti usai mendapatkan mobil yang kita pilih.

Jika kita ingin membeli mobil pertama, kita setidaknya harus memiliki sedikit pengetahuan dasar, mulai dari masalah mesin hingga kelistrikan. Hal ini penting untuk diketahui, khususnya kita yang ingin membeli mobil untuk kali pertamanya. Sebelum kita menentukan membeli mobil baru, ada baiknya menghadiri pameran-pameran mobil dan mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui internet. Untuk lebih ringkasnya, berikut ini ada beberapa panduan atau tips bagi kita pembeli pertama, agar tak salah memilih mobil.

  1. Tentukan jenis mobil yang sesuai

Banyak sekali jenis jenis mobil yang ada di pasaran mulai dari LCGC, MPV, Citycar, SUV,Sedan dan banyak lagi lain nya. Yang perlu kita perhatikan adalah kebutuhan kita, mulai seberapa besar kabin yang kita butuhkan, seberapa sering kita keluar kota, jalan seperti apa yang sering kita lalui dan beberapa pertimbangan lain nya sampai ketemulah satu jenis mobil pilihan.

  1. Tentukan Merk mobil pilihan

Setelah tau jenis mobil pilihan yang tepet saat nya mememilih merk mobil. Sebagian orang ada yang tidak terlalu mementingkan hal ini, tapi kita sebagai pembeli mobil pertama ini sangatlah penting. Pilihlah merk mobil terpercaya yang memiliki after sales service yang baik dan tak lupa juga pilih yang memiliki brand image yang baik. Brand image ini sangatlah penting menandakan bahwa merk mobil yang akan kita pilih terpercaya dengan durability terjamin.

  1. Tentukan tipe Mobil pilihan

JIka kita sudah tau jenis dan merk mobil pilihan saat nya memilih tipe apa, disesuaikan dengan bajed yang dimiliki. Perhatikan juga fitur yang di tawarkan dan yang nggak kalah penting system keselamatan, Hal ini untuk mengetahui apa yang Anda butuhkan dari sebuah mobil. Selain itu, kita juga harus mengetahui perlengkapan tambahan yang ditawarkan, apakah berupa paket atau dijual secara terpisah. Oh iya biasanya setiap tipe memiliki after sales service nya berbeda beda apakah tipe yang kita pilih memiliki tambahan layanan free service, free part atau oli?.

  1. Melakukan test drive

Test drive ini merupakan hal yang penting. dengan test drive kita dapat memantapkan pilihan, kita bisa merasakan secara langsung mobil yang kita pilih sensasi berkendara, kenyamanan, kekedapan kabin, visibilitas, mencoba fitur yang di tawarkan dan banyak yang lain yang harus kita rasakan secara langsung.

  1. Tentukan cara pembiayaan

Di step ini saya menyarankan cara pembelian secara Cash, agar  kita tidak terlalu pusing beberapa tahun kedepan. Jika kita terpaksa melakupan pembeliian secara kredit banayak yang perlu kita perhatikan.

  • Tentukan besaran Dp yang kita mampu, biasanya leasing memiliki banyak pilihan dp, dari 15%, 20%, 30%, dan dapat di costomize.
  • Pilih ADDB atau ADDM, ADDB adalah dp belum bersertaa angsuran pertama sedangkan ADDM dp berikut angsuran pertama. Jika kita memiliki bajed lebih baik nya kita pilih ADDM dikarenakan bunga angsuran yang lebih ringan di banding ADDB.
  • Pilih tenor yang kita mampu, biasanya leasing memiliki pilihan tenor ari 1th sampai 5th, bahkan ada yang sampai 7th.
  • Perhatikan suku bunga kredit, disini kita jangan terlalu terpaku dengan bunga yang tawarkan, biasanya dalam skema kredit ada banyak biaya ll di dalam nya. Baik nya kita cek dengan cara angsuran x tenor + dp kita bisa perbandingkan hasil nya dengan beberapa leasing yang ditawarkan.

Jika kita sudah sepakat dengan simulasi yang diberikan, kita siapkan data yang di perlukan untuk pengajuan kredit, KTP suami istri, KK, NPWP, bukti kepemilikan rumah bisa berupa AJB atau PBB, Slip gaji jika kita bekerja atau SKU jika kita usaha yang terakhir Mutasi rekening tabungan tiga bulan terakhir.

 

  1. Tanyakan Estimasi kirim dan Estimasi Stnk jadi

JIka semua kita sudah sepakat kita wajib menanyakan berapa lama proses, kapan estimasi mobil dikirim, dan berapa lama STNK BPKB jadi dan dapat diterima. Jika sudah kita tinggal tunggu sesuai estimasi wktu yang diberikan. Dan jangan lupa berdoa agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar, hehehe.

 

Memilih mobil pertama merupakan hal tidak mudah, kita wajib berhati hati, jangan menyepelekan proses nya juga, dikarenakan ini transaksi mobil dan mobil pertama juga. Demikian tips singkat dari saya semoga dapat bermanfaat. Saya fajar dan terimakasih.

 

__Terbit pada
Mei 11, 2020
__Kategori
Artikel, Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *