Sejarah Honda Civic Di Indonesia

FajarSodik.My.ID- Honda Civic di Indonesia memiliki dua pilihan model  mobil sedan 4 pintu atau hathsback 3 pintu, menawarkan performa, handling yang dan kenyamanan khas Honda. Dan memiliki penggemar fanatik sendiri. Kebanyakan pengemudi Civic adalah remaja, orang yang menginginkan mobil dengan brand image kuat dan kencang yang telah tertanam sejak dulu pada image Civic, dengan mesin B series dan K series yang di kenal dengan V-TEC nya dan juga banyak part after market yang bisa menunjang perform si Civic Kick in Yoo, , . Apalagi banyak modifikator nasional yang menuangkan kreasinya di Civic untuk membuat mobil ini makin mengena di hati dan tidak jarang menarik perhatian orang-orang di sekitar untuk memuji dan menikmati hasil modifikasinya.

Untuk di Indonesia berikut perjalan Honda Civic dari generasi pertama:

  • Generasi pertama dari Honda Civic disebut sebagai Honda Civic Koper. Mobil ini di produksi di antara tahun 1973 sampai 1979, mengusung mesin 1.200cc 4 silinder segaris penggerak roda depan.

 

  • Generasi kedua disebut sebagai Honda Civic Excellent. Di generasi ke dua ini cukup singkat di produksi dari tahun 1980 sampai tahun 1984, tersedia mesin 1.300 cc dan 1.500 cc empat silinder segaris penggerak roda depan. Di generasi ke dua ini bentuk nya lebih besar dan membulat.

 

  • Generasi ketiga biasa disebut Honda Civic Wonder. Yang masuk ke Indonesia ada dua model, sedan 4 pintu dan hatchback 2 pintu. Mobil ini di produksi tahun 1984 sampai 1987 dengan mesin seri D 1.500 cc dengan teknologi CVCC, di jepang sendiri memiliki versi SE dengan suspensi lebih baik  dan bertenaga dengan mesin 1.600cc DOHC. tersedia juga Versi 4WD kala itu.

 

  • Generasi keempat biasa disebut Honda Grand Civic. Ada Grand Civic LX untuk sedan 4 pintunya dan Honda Civic Nova untuk yang hatchback 2 pintunya. Mobil ini di produksi dari tahun 1988 sampai 1991, mobil ini sangat populer di indonesia kala itu. Sayang nya di indonesia masih menggunakan mesin karburator konvensional sedangkan di amerika sudah menggunakan mesin injeksi/ efi lebih modern.

 

  • Generasi kelima biasa ada 2 nama yaitu Honda Civic Genio untuk sedan 4 pintu dan Honda Civic Estillo untuk hatchback 2 pintunya. Mobil ini di produksi dari tahun 1991 sampai 1995  mobil ini di kalangan anak muda sangat populer, sampai saat ini Civic estilo masih di buru para kolektor dengan harga yang tidak masuk akal. Body nya sangat segar dan tidak pernah ketinggalan jaman. mobil ini dibekali mesin 4 silinder segaris penggerak roda depan dengan kode mesin B16 V-TEC, cukup kencang pada jaman nya.

 

  • Generasi keenam yang dijual di Indonesia hanya yang sedan 4 pintu yaitu Honda Civic Ferio sedangkan di pasar amerika ada varian hathback nya yaitu EK9 tipe ini sangat menarik dengan ciri khas 2 pintu nya apa lagi yang tipe R bikin kita ngiler lihat nya. Sama halnya generasi sebelum nya estilo EK 9 juga memiliki fans fanatik yang mobil nya masih saja di buru sampai sekarang, model nya juga tidak pernah ketinggalan jaman.

 

  • Generasi ketujuh di produksi dari tahun 2001 – 2005 dengan kode bodi ES / disebut Civic ES mempunyai 2 tipe, yaitu tipe VTi yang merupakan tipe sedang dan tipe VTi – S yang mempunyai tipe tertinggi / terlengkap yang hanya tersedia versi sedan. Dibandingkan versi sebelum nya interior generasi ke tujuh ini lebih lega.

 

  • Generasi kedelapan dan kesembilan juga hanya tersedia versi sedan saja di produksi dari tahun 2005 sampai 2011 yang terbagi 2 tipe berdasarkan mesinnya, yaitu 1.8 yang tipe sedang dan 2.0 yang tipe tertinggi. Type R generasi kesembilan dijual di Indonesia melalui importir umum. Sedangkan di indonesia sendiri yang di pasarkan secara umun adalah tipe Honda Civic FD, yang masih populer sampai sekarang.

 

  • Generasi kesepuluh di produksi dari tahun 2015 sampai sekarang, tersedia versi sedan dan hatchback dan menggunakan mesin 1.5L DOHC i-VTEC Turbo. Sedangkan Civic Type R generasi kesepuluh dijual di Indonesia secara resmi oleh ATPM. Perubahan di generasi ke sepuluh ini sangat menarik dan fresh, selain tampak muda di generasi ini memiliki mesin baru yang efisien dan bertenaga besar dikarenakan menggunakan turbo.

Sebenar nya di setiap generasi mempunyai keunik an masing masing dan mempunyai sejarah  yang panjang, nanti akan saya bahas satu satu dari honda Civic wonder sampai  Honda Civic FD. Okee sekian dulu sejarah singkat Honda Civic di indonesia, semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada salah dalam penulisan. Saya fajar dan terimakasih.

__Terbit pada
April 17, 2020
__Kategori
Artikel, Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *