resevoir minyak rem

Penurunan kinerja Minyak Rem

FajarSodik.My.ID- Rem merupakan alat keslamatan berkendara paling utama. ada banyak faktor yang mengakibatkan performa nya bisa menurun, kamu harus perhatikan komponen komponen utama di dalam nya dari kampas rem, drum, disk sampai minyak rem. minyak rem sendiri mempunyai banyak faktor yang mengakibatkan performanya menurun. apalagi jika penggunaan nya keras seperti untuk balap atau untuk kendaraan niaga. minyak rem saat bekerja keras bisa mencapai suhu yang 150- 180 derajat celcius, dikecepatan tinggi atau medan menurun dengan beban berat akan mudah mencapai suhu tersebut.

Penurunan kinerja minyak rem bisa di tandai dengan beberapa gejala. lalu apa sajakah tanda minyak rem mobil kamu harus diganti?

Pertama, jika minyak rem mobil kamu mulai menurun kinerjanya atau bahkan bermasalah, biasanya lampu indikator pada instrumen panel akan menyala. gejala lain nya pengereman kurang terasa pakem atau pedal rem saat di injak terasa lebih dalam dan slow respon, kondisi ini biasanya akan dirasakan saat kondisi jalan menurun/ dalam kecepatan tinggi.

Kemudian setelah parkir dengan kurun waktu cukup lama atau di pagi hari biasanya pedal rem di injak akan terasa dalam. ini dikarenakan udara dalam sistem pengereman berkembang, sehingga pedal rem saat pertama di injak akan mengompres udara. injakan pedal rem akan kembali normal sesudah kita kocok beberapa kali.

Dengan sifat higroskopisnya, yakni mampu menyerap kelembapan, membuat minyak rem mudah tercampur dengan air hingga 30 persen.semakin banyak nya kandungan air di dalam minyak rem, membuat titik didih nya berkurang, sehingga kemampuan dalam pengereman nya juga berkurang. ini sangat berbahaya jika rem mobil dalam kondisi perjalanan jauh, kecepatan tinggi, atau dalam kondisi jalan menurun karena rem bekerja ektra keras mengakibatkan panas yang tinggi membuat air di dalam minyak rem menjadi mendidih dan memumai. Biasanya kita akan merasakan rem semakin dalam, untuk menyiasatinya sementara kita bisa mengocok pedal rem agar minyak rem di reservoir turun.

Indikasi lain nya adalah adanya tetesan minyak rem di lantai saat di parkir lama, untuk hal ini sementara kamu cek di bagian reservoir di ruang mesin jika kurang sementara tambahkan minyak rem hingga batas atas, baiknya bawa kebengkel cek apakah ada kebocoran. Hal ini tidak bisa di diamkan lama mengingat keslamatan yang utama.

Dengan beberapa indikasi diatas menambahkan minyak rem hanyalah pertolongan pertama, jika ada indikasi ini baiknya di bawa ke bengkel untuk memastikan semua sistim berjalan dengan semestinya, umumnya pergantia minyak rem sendiri antara 20.000km – 30.000km atau rentan waktu satu tahun.

Sekian artikel mengenai penurunan kinerja minyak rem dan sifat minyak rem semoga dapat bermanfaat, semoga artikel ini bermanfaat, jika ada salah dalam penulisan mohon maaf, saya fajar dan terimaksih.

 

 

__Terbit pada
Mei 28, 2020
__Kategori
Artikel, Blog, tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *