spooring balancing

Manfaat Spooring Balancing

FajarSodik.My.ID- Mungkin kamu sering bertanya kenapa si kendaraan “mobil” harus di spooring dan balancing?  disistem kemudi ada beberapa komponen yang harus disetel untuk menjaga mobil tetap stabil, aman, nyaman dan mudah diken dalikan saat dikemudikan. jadi ini sangat wajib dilakukan secara berkala agar mobil dapat dikendalikan dengan mudah.

Berikut ini manfaat spooring dan balance:

1. Meningkatkan kenyamanan berkendara.

Saat kondisi mobil normal akan terasa nyaman dalam pengendalian kendaraan, kita harus rutin melakukan spooring blancing agar kenyamanan dalan berkendara tetap terjaga.

2. Menghilangkan keausan ban yang tidak merata.

Selain kenyamanan  spooring dan balancing meningkatkan umur ban depan, spooring balancing meminimalisir keausan ban. penyetelan berkala sangat diperlukan ban depan harus pas tidak boleh terlalu chamber ataupun too in.

3. Meningkatkan kestabilan berkendara.

Selain memper panjang umur ban sooring balancing juga meningkat kan ke stabilan dalam berkendara. mobil yang tidak pernah di spooring dan balancing akan cenderung berbelok ke arah kiri atau kanan saat dijalan lurus. dalam perjalan jauh ini akan sangat menyiksa dan membuat pengemudi lebih cepat capek.

4. Menghilangkan getaran pada stir.

Kadang kita suka berasa stir begetar itu memnandakan ada bosing ataupun terot yang harus di ganti dan di spooring ulang. kalau di biarkan bukan hanya kenyamanan yang ter gadaikan tapi keselamat lebih utama.

5. Memperbaiki kelurusan roda kemudi.

Dengan membiarkan mobil tidak spooring, balancing dan tidak merawat nya. ini akan beribat fatal ke komponen kemudi yang lain seperti di bagian power steering yang jika terkena ini tidaklah murah. jadi rawat lah sebelum menjadi lebih parah.

6. Agar kendaraan bergerak lurus.

Seperti kestabilan berkendara, mobil yang secara rutin melakukan spooring balancing akan cenderung mudah dikendalikan. biasanya steering weel di lepas pun mobil akan tetap kondisi lurus, jika berbelok cepatlah segera melakukan spooring dan balancing ulang.

7. Ban tidak berdecit saat berbelok.

Mobil yang tidak spooring sempurna akan berdecit saat berbelok, karena salah satu ban sedikit berlawan dengan jalan, yang mengakibatkan gesekan dan mem buat ban semakin cepat habis.

8. Memaksimalkan umur pemakaian ban.

Seperti penjelasan di atas spooring balancing sangan berpengaruh kepada pemakaian ban depan. jika mobil kamu berpenggerak roda depan dan tidak melakukan spooring dan balancing ban akan tersiksa hebat, membuat nya cepat aus.

Jadi spooring dan balance sangat penting untuk keamanan, kenyamanan dan kestabilan berkendara, sebisa mungkin dilakukan rutin per enam bulan. beda halnya jika mobilmu sering berpergian jauh dianjurakan tiga bulanan atau per 10.000km.

Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat dan tetap jaga keslamatan dalam berkendara. sekali lagi saya fajar dan terimakasih.

Boleh loh kumjungi Yuotube Chanel fajar sodik

__Terbit pada
April 13, 2020
__Kategori
Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *