Konfigurasi Mesin Mobil

FajarSodik.My.ID- Sebelum kita menjelaskan macam macam konfigurasi mesin mobil, ada baik nya kita ketahui terlebih dahulu konfigurasi mesin itu apa?. konfigurasi mesin adalah sebuah istilah yang menunjukan layout atau tata letak sebuah mesin mobil atau motor, di artikel kali ini kita akan jelaskan macam macam konfigurasi mesin mobil.

konfigurasi mesin selain mengatur tata letak ini juga memiliki fungsi lain yang berkaitan dengan peforma, kestabilan berkendara, karakter, dll. tergantung designer mesin menerapkan sesuai keinginan, apakah lebih ke peforma, kestabilan, perawatan dll.

Baiklah kita akan bahas satu persatu beberapa jenis konfigurasi beserta kelebihan dan kekurangan nya.

1. Inline

Mesin inline
Konfigurasi mesin inline

Konfigurasi mesin inline ini memiliki susunan silim der segaris dari 3 silinder sampai 6 silinder. keuntungan konfigurasi mesin inline perawatan nya yang mudah, dikarenakan silinder head nya berada di atas jadi dalan tune up mesin lebih mudah dalam membongkar pasang nya. kekurangan nya adalah konfigurasi mesin ini memakan ruang yang banyak dikarenakan susunan silinder nya sejajar. jika memiliki seilinder yang banyak membuat jenis mesin ini lebih panjang dari dari konfigirasi mesin lain nya. pabrikan biasanya maximal menggunakan 6 silinder untuk pilihan silinder terbanyak nya, mengingat ruang mesin yng nantinya akan dipakai. konfigurasi mesin ini adalah paling populer diantara lain nya.

2. v type engine

Konfigurasi mesin v
Konfigurasi mesin v

Konfigurasi mesin V susunan silindernya berbentuk V, konfigurasi mesin ini lebih kompac di bandingkan dengan mesin jenis inline dan memiliki karakter mesin yang lebih halus, dikarenakan kompresi setiap silinder nya merata membuat nya minim getaran. untuk perawatan sendiri tergolong relatif dikarenakan silinder head nya juga menghadap ke atas, tapi untuk jumlah part nya dua kali lebih banyak dibanding dengan mesin berkonfigurasi inline. misal sistem DOHC di mesin inline membutuhkan dua camshaft di mesin tipe v menggunakan empat camshaft. konfigurasi mesin ini biasanya di gunakan untuk mempertimbngkan ruang mesin yang ringkas, ringan serta performent yang memadahi.

3. boxer

Konfigurasi mesin boxer
Konfigurasi mesin boxer

Konfigurasi mesin ini memiliki silinder dan silinder head berlawan arah membentuk 180 derajat atau rata. kelebihan mesin ini memiliki titik berat nya berada di bawah membuat nya lebih stabil saat berbelok dengan kecepatan tinggi. konfigurasi mesin boxer jarang digunakan pabrikan dikarenakan perawatan nya yang sulit. konfigurasi mesin ini biasanya di gunakan oleh subaru, VW dan porshe.

4. w type engine

Konfigurasi mesin w
Konfigurasi mesin w

Konfigurasi mesin W memiliki susunan silinder yang serupa dengan V tapi doble, konfigrasi mesin ini di design untuk mesin yang menggunakan jumlah silinder yang sangat banyak, diguakan di mobil mobil high performent seperti super car atau hiper car.konfigurasi mesin ini adalah paling rumit di antaran konfigutasi mesin lain nya baik dalam design maupun perawatan.

Sekian penjelasan singkat mengenai konfigurasi mesin, manfaat, keuntungan dan kekurangan semoga bermanfaat, saya fajar dan terimakasih.

__Terbit pada
Mei 8, 2020
__Kategori
Artikel, Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *