Kelebihan dan Kekurangan Timing Belt dan Timing Chain

FajarSodik.My.ID- Sebelum kita bahas ada baik nya kita kenalkan apa itu timing belt dan timing chain. timing belt dan timing chain merupakaan alat penghubung antara crankshaft dengan camshaft.

Crankshaft adalah poros engkol yang merubah gerak naik turun stang piston menjadi putaran. sedangkan Camshaft merupakan poros yang mempunyai tenjolan yang berfungsi menekan atau membuka tutup katup in dan out.

Timing belt dan taiming chain sendiri berperan penting selain sebagai penghubung antara crankshaft dengan camshaft, timing belt dan timing chain mempunyai fungsi utama yaitu menjaga momentum buka tutup katup masuk atau buang tepat waktu dan agar katip masuk dan buang tidak bertabrakan dengan piston. jadi perawatan berkala pada part ini ssangatlah penting mengingat peran nya yang sangat penting sebaik nya dilakukan pergantian berkala mengikuti manual book.

Lalu apa perbedaan timing belt dan timing chain?, perbedaan nya hanya di material saja, timing belt menggunakan bahan karet sedangkan timing chain menggunakan bahan rantai besi.

Jadi kita tau bahwa timing belt dan timing chain memiliki fungsi yang sama yang berbeda hanyalah materialnya. tapi dari keuanya memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing masing.

Timing belt memiliki bahan karet jadi lebih lahus suaranya dan tidak memerlukan pelumasan dan memiliki ruang yang kering, jadi saat membongkar pasangnya biassanya dia memiliki dek plastik mudah di bongkar dan tidak berpengaruh oleh sistim pelumasan. kelemahan timing belt sendiri dia lebih cepat aus.

Timing chain memiliki bahan rantai besi yang memiliki suara yang lebih berisik di banding timing belt tetapi memiliki ketahanan yang lebih baik, seperti kita tau jika rantai harus memiliki sistem pelumasan jadi ruang timing chain memiliki sistem pelumasan membuatnya selalu basah untuk pergantian nya sendiri dia lebih sulit dibandingkan timing belt dikarenakan harus membuka dek besi dan terdapat banyak pelumas.

Kesimpulan nya adalah timing belt dan timing chain memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing masing, dan setiap mesin biasanya sudah memiliki sistem nya tersendiri yang perlu kita tau adalah kapan kita harus mengnggantinya, bisa kita lihat di maual book kendaraan biasanya memiliki standart masing maasing antara 50.000- 100.000 Km.

Ok segitu saja semoga bermanfaat saya fajar dan terimakasih.

 

__Terbit pada
April 30, 2020
__Kategori
Artikel, Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *