Faktor penyebab terjadinya Over Heath

FajarSodik.My.ID- Over heath sendiri merupakan istilah mesin mobil yang mengalami panas berlebih. Over heath sangat berbahaya dapat menyebabkan mogok bahkan silinder head molet atau melengkung.

Mobil yang berusia cukup tua memang sangat rentan untuk mengalami mogok karena over heath. Tapi jangan salah mobil muda pun sebenarnya dapat mengalai over head.

Meskipun mesin mobil sudah menggunakan sisitim pendinginan over heath pun tetap dapat terjadi. Berikut faktor penyebab terjadinya over head pada mesin mobil

  1. System pendinginan terdapat kebocoran

Hal ini dapat terjadi dikarenakan umur selang radiator yang sudah using dan lapuk, bisa juga dikarenakan oleh kecelakaan ringan yang mengakibatkan kebocoran kecil yang tidak terdeteksi.

  1. System pendinginan yang tersumbat

Hal ini dapat terjadi oleh beberapa faktor. Mungkin salah dalam pemilihan air radiator, gunakan lah cooland jangan air biasa karena dapat menimbulkan kerak yang mengakibatkan tersumbatnya kisi kisi radiator maupun water jacket yang tedapat di dalam mesin mobil kamu. Dan perhatikan pengisian collan jangan sampai kotoran dari luar masuk ya.

  1. Kipas radiator rusak

Kipas radiator merupakan pendingin mesin tambahan yang terdapat di antara mesin dan radiator. Kipas radiator sendiri sangat di butuhkan mesin mobil pada saat kondisi jalan macet, karena kurangnya tiupan angina dari depan kap mesin. Cek secara berkala kipas radiator janagan sampai kamu berkalan jauh dengan kodisi kipas radiator yang mati.

  1. Radiator yang rusak

Sama seperti beberapa faktor lain di atas radiator rusak sangatlah berbahanya. Rusak disini bisa tersumat bisa juga bocor rawatlah dengan cara memilih air cooland yang tepat. Biasanya di mobil baru menggunakan radiator berbahan plastic jadi jika terjadi kerusakan Cuma ada satu jalan yaitu ganti baru.

  1. Thermostat yang rusak

Termosta merupakan katup yang terdapat di dalam msaluran pendingin mesin yang berguna untuk menjaga suhu mesin dalam kondisi optimal. Jika terjadi kerusakan maka akan gagalah penyaluran panas ke radiator. Yang mengakibatkan mesin terjadi oer heath.

  1. Oli mesin yang kurang

Oli mesin selain berguna sebagai pelumas oli mesin juga berfungfi sebagai pendingin tambahan. Jika volume oli mesin tidak sesuai standar selain pelumasan nya tidak berjalan optimal pendingin nya pun tidak berjalan optimal. Selalu cek kondisi mesin dalam keadaan kering, cek bagian bagian seal mesin, pak pak mesin pastikan tidak ada kebocoran. Bisa juga cek volume oli mesin dengan stik yang terdapat di mesin, disitu terdapat batas bawah dan batas atasnya.

Faktor di atas merupakan hal hal yang dapat menimbulkan over head mesin mobil kamu, baik nya kamu rajin merawat dan mengecek agar mobil kamu selalu dalam kondisi prima. Jika terjadi over heath akn bahaya selain bahaya pada diri kita hal ini juga bahaya bagi kantong kita. Karena biaya perbaikan nya tidaklah murah, dan juga perlu waktu yang cukup lama.

Ok segitu dulu artikel singkat mengenai over heath dari factor penyebab cara mengatasi dan juga efek yang di timbilkan, semoga bermanfaat saya fajar dan terimakasih.

__Terbit pada
Mei 20, 2020
__Kategori
Artikel, Blog, tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *