Apa itu AP4

FajarSodik.My.ID- AP4 adalah solusi mobil reli di area Asia pasifik untuk mobil reli R5, mengingat harga R5 yang tidak murah. Spesifikasi dasar tetap serupa dengan R5, yang lebih menarik Ap4 bisa di aplikasi an ke semua jenis mobil yang membedakan hanya weelbase mesin dan body.

di reli modern R5 merupakan mobil pengganti Grup N, yang di tahun 2000an sangat populer dan sekarang mulai berkurang di dunia motor sport maupun di auto show, semenjak subaru dan Mitsubishi dua produsen besar yang akhirnya mangakhiri produksi Lancer dengan evo X nya. FIA membutuhkan formula baru dan akhirnya Grup R lahir.

Jika sudah ada R5 , mengapa kita membutuhkan AP4?

Harga mobil R5 dibatasi pada 180.000 Euro oleh FIA. belum termasuk suku cadang dan biaya impor , biaya ini sudah mendekati biaya level mobil reli dunia.  akhirnya lahir lah konsep membangun mobil spesifikasi R5 di kawasan asia pasifik yaitu Ap4.

Apa saja yang dirubah Oleh AP4?

Spesifikasi Teknis
Mobil reli AP4 ideal nya dibangun dari mobil produksi yang memiliki empat kursi. Mobil kecil seperti Mazda 2, Toyota Yaris dan Hyundai i20 adalah ukuran ideal.  bodi dimodifikasi agar lebar nya sesuai, fender, sayap dll. sedangkan wellbase tetap mengikuti spesifikasi standart pabrikan popeler shaft AP4 yang akan menyesuaikan.

Mesin
Untuk kapasitas mesin maksimumnya 1,6L bisa juga ditambahkan turbo. biasanya menggunakan mesin standart dengan pengaturan tinggi rendah crankshaft agar kita bisa sesuaikan stroke up nya. untuk di bagian sisi luar diding silinder ditambahkan braket tambahan agar mesin standart dapat menahan kompresi besar akibat penambahan turbo, braket ini di masukan di selah selah sistem pendinginan pada sisi luar silinder.

Turbo
Untuk sistem penambah tenaga turbo hanya dapat menggunakan turbo tunggal, ukuranya bebas.

Safety
Keselamatan sangat penting dalam mobil reli AP4 sehingga roll cage yang sepenuhnya direkayasa harus dilas ke dalam bodi. untuk pemasangan dudukan, dan titik jangkar harness harus sesuai standart FIA.

Transmisi
Kamu membutuhkan penggerak empat roda untuk memenangkan aksi. Ada beberapa pilihan untuk mobil AP4. Beberapa pesaing memilih driveline Sadev buatan Prancis yang merupakan norma pada mobil R5. Yang lain dapat memilih untuk menggunakan transmisi Subaru atau Mitsubishi.

Squential atau Konvensional?

Berita baiknya adalah pola H (konvensional) dan gearbox pergeseran sekuensial dapat digunakan. Dengan maksimal enam gigi maju, ada banyak pilihan untuk rasio. Bagi mereka yang menginginkan total pengalaman Formula1, paddle shift juga diperbolehkan!

Diferensial Aktif atau pasif?
Meskipun mobil jalan seperti STi dan Evo memang memiliki bentuk diferensial aktif, mereka tidak dapat digunakan dalam mobil reli AP4. Untuk membantu mengendalikan biaya, hanya perbedaan mekanis (pasif) depan, belakang, dan tengah yang diizinkan.

Suspensi
Suspensi menggunakan suspensi yamg sama baik kanan kiri depan belakang sama, sehingga memungkinkan menggunakan sparepart yang lebih sedikit drikarenakan dapat bergantian. untuk arm hub dan bagian lain dari kaki kaki sudah di seting sedemikian rupa agar suspensi yang sama dapat dimasukan.

Berat
Mungkin salah satu bagian paling menarik dari seluruh kelas mobil reli AP4 adalah bobotnya. Jika kamu mengambil Subaru IMS saat ini dan mengubahnya menjadi mobil reli, timbangannya akan berada di kisaran 1500kg. Berat minimum untuk AP4 adalah 1250kg dan mobil-mobil biasanya dapat dibangun sangat dekat dengan itu. Oleh karena itu perbedaannya 250kg sangatlah berarti.

Kelas mobil reli AP4 telah membuka lapangan bermain baru. Di mana dulu hanya ada satu atau dua merek saja, sekarang ada banyak pilihan. Toyota, Hyundai, Mazda, Mini, Skoda, VW dan lain lain semuanya siap dibangun menjadi AP4.

Reli dunia membutuhkan perubahan arah. Selandia Baru mengadopsi AP4 lebih awal dari Australia semoga indonesia bisa segera memakai AP4 atau bahkan dapat membuat sendiri dengan mengadopsi teknologi yang sama. AP4 sedang dalam masa pertumbuhan besar harapan kita di indonesia bisa kembali mengadakan kejuaraan kelas nasional yang mengadopsi teknologi baru yang lebih fresh.

__Terbit pada
April 30, 2020
__Kategori
Artikel, Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *