5 Tanda altenator/pengisian daya rusak atau bermasalah

FajarSodik.My.ID- Altenator merupakan  part dalam kendaraan bermotor yang sangat vital. Altenator sendiri berfungsi sebagai sumber daya listrik untuk kendaraan bermotor, dan juga untuk pengisian aki. Dengan mati atau rusak nya altenator dapat menyebabkan aki berlahan lahan kehabisan daya karena tidak adanya asupan dari altenator. Mesin bensin sendiri untuk pembakaran membutuhkan sistim pengapian yang membutuhkan daya yang besar bilamana altenator rusak atau mati maka aki akan secara perlahan kehabisan daya dan tekor kemudian mesin gagal melakukan pembakaran mengakibatkan mogok.

Jadi altenator sangat penting dalam kendaraan bermotor, baik nya kita dapat mengenali tanda tanda altenator bermasalah. Berikut ini adalah 5 Tanda altenator/pengisian daya rusak atau bermasalah:

  1. Tercium bau kebakar.

Altenator yang berbau kebakar biasanya di dalam nya terdapat konsleting, kebakar nya spool, bisa juga terbakarnya solenoid. Jika tercium aroma terbakar dari altenator baik nya kamu segera mencari bengkel terdekat agar mobil kamu tidak kehabisan daya dan mogok.

  1. Terdengar suara decitan dari pulley altenator.

Bunyi decitan pada pulley altenator biasanya disebabkan rusaknya bering atau bearing macet. Jika ini terjadi pasti akan tidak maximal daya yang dihasilkan dari altenator. Jika benar benar pulley tidak bergerak maka selain gagalnya pengisian daya van belt pun ada kemungkinan akan terputus jika berlangsung lama. Baik nya jika ada suara decitan baiknya segera lakukan pemeriksaan ke bengkel langganan agar altenator mobil kamu dapat terslamatkan.

  1. Head lamp redup.

Seperti saya jelaskan di atas bahwa altenator sebagai sumberdaya bagi aki dan seluruh komponen kelistrikan pada mobil. Jika ada kerusakan maka sebelum aki kehabisan daya biasanya head lamp akan bersinar redup, jika ini terjadi baiknya segera mematikan mesin dan head lamp sebelum kehabisan daya, bawalah mobil kamu ke bengkel terdekan agar segera dilakukan perbaikan.

  1. Lampu indicator aki di speedometer manyala.

Jika indikakor aki menyala berarti ada kesalahan atau masalah pada system pengisian daya atau aki. Sebelum mobil kamu benar benar mati baik nya bawa mobil kamu ke bengkel terdekat agar dapat diperiksa dan perbaiki.

  1. Pengisian daya pada aki tidak terisi.

Seperti saya jelaskan di atas altenator fungsi utama nya adalah sebagai pengisi daya pada aki. Percuma kalau aki mati kita jamper atau bawa aki cadangan pasti mesin mobil kamu akan tetap mati setelah daya pada aki habis.tidak ada solusi lain menggati altenator atau memperbaiki nya.

Sebenarnya jika kita rutin melakukan perwawatan pada kendaraan, kerusakan pada altenator akan dapat terminimalisir. Kerena setiap kita melakukan service altenator pasti di cek pengisian daya nya apakah masih normal, kalau pun aka nada kerusakan pada altenator biasanya mekanik akan menyarankan untuk memperbaiki part part nya.

Ok segitu saja pembahan mengenai  5 Tanda altenator/pengisian daya rusak atau bermasalah semoga artikel sederhana ini bermanfaat bila ada salah dalam penulisan mohon maaf, saya fajar dan terimakasih.

__Terbit pada
Juni 7, 2020
__Kategori
Artikel, Blog, tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *