4 Sistem penggerak roda pada mobil

FajarSodik.My.ID- Ngomongin masalah pengerak mobil senenarnya berhubungan juga dengan posisi mesin, posisi mesin sendiri ada depan tengah dan belakang. Bedaposisi pastinya membut konstruksi penggerak roda akan berbeda juga. Berhubung kita di Indonesia mayoritas menggunakan mesin depan maka kita say jelaskn dulu system penggerak, untuk posisi mesin kita bahas nanti ya hehehe,

Sistem penggerak roda mempunyai fungsi sebagai penyalur tenaga dari mesi ke roda, masing masing dari sistem penggerak roda memilik keunggulan dan kelemahan nya masing masing. Dengan berkembang nya dunia otomotif banyak padrikan memperhatikan kenyamanan dan efisiensi kendaraan yang mereka produksi, berhubung sistem penggerak roda berhubungan juga dengan kaki kaki makanya pabrikan banyak melakuan inovasi pada sistem penggerak roda agar mobil yang mereka produksi agar dapat meningkatkan kenyamanan dan efisiensi bahan bakar.

Ada 4 Sistem penggerak roda pada mobil yuk kita bahas satu per satu pengertian, keunggulan dan kekurangan nya,

  1. RWD/ Rear Wheel Drive

RWD atau Rear Wheel Drive adalah sistem penggerak roda belakang, sistem penggerak belangkang biasanya dapat ditemukan pada mobil MPV seperti avanza, xenia, panter, kijang, apv,innova,Dll. Bisa juga mobil besar /SUV seperti pajero, fortuner, rush, terios,terra,Dll. Terdapat juga pada kendaraan berat seperti truk dan bus. Sistem penggerak roda yang satu ini sangat cocok dengan kondisi infrastruktur di Indonesia yang beragam. Sistem penggerak roda belakang dikenal ke tangguhan dan kehandalan nya. Tetapi untuk menggerakan nya butuh komponen yang lebih banyak dibandingkan sistem penggerak roda depan. Untuk di mobil sedan dapat ditemukan pada mobil eropa seperti bmw, mercy, dan beberapa mobil jepang tahun 90an kebawah. di motor sport mobil sedan dengan sistem penggerak roda belakang biasa digunakan dalam ajang Drifting yang sekarang lagi naik daun.

  1. FWD/ Front Wheel Drive

FWD atau Front Wheel Drive adalah sistem penggerak roda depan. Sistem penggerak roda depan biasa digukan pada mobil mobil Honda terbaru, kemudian sedan sedan muda japan, di Kelas Mpv ada ertiga, mobilio, xpander, alphard,dll. Untuk kelas SUV ada CRV, X-trail, Tucson, santafe dan masih banyak lagi lain nya.sistem penggerak roda depan dikenal dengan kehematan bahan bakar nya dikarenakan lebih efisiensi dalam penyaluran tenaga. Penggerak roda depan juga dikenal handling nya yang lebih mudah, memiliki tingkat kenyamana yang baik dan ekselerasi yang baik. untuk oli gardan dan oli transmisi menjadi satu. Kekurangan dari sistem penggerak depan adalah beban kendaraan cenderung ke depan, jadi ban  depan biasanya akan lebih cepat aus. dikarenakan kerja ban depan yang ektra menopang mesin, transmisi dan juga sistem kemudi. makanya kita harus rajin merolling ban agar ausnya merata. Di motor sport Sistem penggerak roda depan biasanya di gunakan pada iven slalom, time attac dan drag race.

  1. AWD/ All Wheel Drive

AWD atau All Wheel Drive adalah system penggerak semua roda, system penggerak roda All Wheel Drive biasa ditemukan di mobil lancer evo satu sampai sepuluh, dan beberapa line up produc Subaru seperti Subaru Wrx Impresa Sti, beberapa mobil rally kelas R dan AP4 . Sistem penggerak roda ini sangat handal dalam kondisi gravel dan salju karena memiliki grip yang baik. Di motor sport sistem penggerak All Wheel Drive di gunakan pada kejuaraan rally.

  1. 4 WD/ Four Wheel Drive

4 WD atau Four Wheel Drive adalah sistem penggerak empat roda atau semua roda. Sistem penggerak empat roda ini dapat di atur sesuai kebutuhan  bisa menggunakan belakang saja atau depan belakang. Selain itu sistem penggerak empat roda selain memiliki 2 tuas, 1 transmisi yang satu untuk mengatur penggerak belakang, depan belakang da nada pengaturan untuk medan berat (L). mobil dengan system penggerak emapat roda biasanya terdapat pada mobil SUV, Offroad dan Doble Cabin. Mobil dengan system penggerak empat roda dikenala tangguh berjawa petualang dan bisa menembus segala medan. Kekurangan nya mobil dengan empat roda memiliki top speed yang rendah dan kenyamanan yang kurang. Di motor sport mobil ini di gunakan pada kejuaraan offroad sedang hingga extreme.

Oke segitu dulu pembahasan mengenai 4 Sistem penggerak roda pada mobil dari pengertian, kekurangan dan kelemahan nya. Semoga bermanfaat jika ada salah dalam penulisan mohon maaf saya fajar dan terimakasih.

__Terbit pada
Juni 10, 2020
__Kategori
Artikel, Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *